Thursday, June 30, 2011

MEMERIKSA KANKER TESTIS PADA PENIS


    Memeriksa Kanker Testis Pada PenisKebanyakan pria ternyata tidak mudah mengungkapkan tentang dirinya.  Tidak jarang pria menganggap konsultasi kepada dokter mengenai kesehatan merupakan sesuatu yang tidak jantan. Ini lah yang perlu disesalkan, hal ini lumayang membahayakan, apalagi dengan maraknya kasus kanker testis, padahal kanker ini dapat disembuhkan tentu ditangani oleh dokter dan tim medis.
    Sangat beruntung bagi mereka yang mau membuka diri dan menungkapkan bahwa dirinya menderita kanker testis dan juga prostat. Seperti yang ditulis dalam buku “Panduan Kesehatan Keluarga” yang ditulis oleh Dr Miriam Stoppard, dalam penelitian yang dilakukannya, ia menyebutkan hanya terdapat 1 dari 30 pria yang ternyata memeriksakan testisnya. Pastikanlah Anda si nomor satu itu!
    Kanker testis lebih mudah disembuhkan apabila ditemukan sejak dini. Anda bisa mulai mencari hal yang berbeda seperti bengkak, benkolan, nyeri atau adanya sebuah perubahan pada testis anda.
    Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri tentang kanker testis pada penis dan ini sangat mudah, yaitu:
    - Anda berdiri di muka cermin dan carilah kebengkakkan yang terdapat pada kulit skrotum. Hal ini bsia diketahui dengan salah satu testis terlihat lebih besar dari testis satunya atau letak salah satunya agak kebawah, ini hal yang biasa.
    - Anda pegang pada setiap testis dengan cara yang halus, yaitu dengan ibu jari dan ujung jari dari kedua tangan anda, kemudian pelan-pelan rapatkan
    - Anda harus melakukannya beberapa kali suapaya testis anda bergerak halus di antara jari dan tangan. Ini dapat menjadikan Anda  tahu ukuran dan bentuknya.
    - Anda sebaiknya perlu berhati hati supaya testis tidak terpuntir.
    - Anda akan mendapatkan pada setiap testis harus halus dan terasa lembut, anda bisa mencoba untuk mengimajinasikan telur rebus yang sudah matang tanpa kulit telur.
    Apa yang Mungkin Ditemukan? Terdapat beberapa sebab testis menjadi bengkak, yaitu:
    1. Hidrokel, adanya sebuah kista lembut tidak nyeri tetapi mengelilingi testis. Terkadang hidrokel ini muncul akibat dari adanya suatu cedera, infeksi , dan peradangan. Apabila anda melihatnya dengan senter, bentuk bengkak ini akan terlihat mengkilat, apabila berupa hidrokel, amak akan ada cairan didalamnya. Terapi mujarab adalah pembedahan.
    2. Kista Epididimis, adanya suatu pembengkakkan yang tidak terlalu berbahaya, ini ada pada kumparan saluran yang melekat dibelakang testis. Kista kecil ini memiliki ukuran kacang polong dan dialami oleh pria 40 tahun. Di dalam Kista ini ada cairan bening.
    3. Spermatokel, ini mirip dengan kista epididimis tetapi kista itu mengandung semen dan sperma mirip susu. Apabila kita menyinari dengan senter, maka tidak akan terlihat mengkilat.
    4. Varikokel, yaitu vena varikosa (varises) di area testis, ini merupakan penyebab yang paling sering dan menimbulkan pembengkakkan testis. Kasus ini terjadi pada 10-15 persen jumlah pria, walaupun hal ini tidak terlalu membahayakan, tetapi terdapat rasa nyeri. Anda bisa menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri dengan celana dalam yang agak ketat atau bisa juga dengan penyangga atletik.

No comments:

Post a Comment