Monday, July 25, 2011

Penyebab Utama Tertular HIV / AIDS

    Perilaku seks bebas menjadi penyebab utama tingginya kasus HIV/AIDS diSulawesi Selatan yang mencapai 3.918 penderita pada tahun 2010. KepalaBagian Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Biro Napza dan HIV/AIDSSulsel, Muhammad Nuhrahim di Makassar, Rabu (20/7/2011), mengatakan,angka tersebut meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya yakni 2.400penderita.
    http://farm4.static.flickr.com/3106/2889264670_058e26ef49.jpg

    "Bila tahun lalu 58,6 persen penyebaran HIV/AIDS disebabkan oleh jarumsuntik dan narkorba, maka tahun ini dari data diketahui penyebarannyasudah berubah yakni melalui hubungan seksual dengan persentase mencapai60 persen lebih," ujarnya.

    Data penderita HIV/AIDS itu, ungkap Nuhrahima, berdasarkan hasil surveiyang dilakukan Komisi Penanggunalan AIDS Nasional dan Sulsel. Bahkan,Kota Makassar disebut masuk peringkat tiga kota penderita HIV/AIDStertinggi di Indonesia, setelah Jayapura dan Jakarta. Di bawah Makassarada Surabaya dan Bali. Sementara Sulawesi Selatan berada pada peringkatke tujuh teratas.

    Nuhrahim mengatakan, kasus yang terdata itu bisa jadi hanya datapermukaan saja, sementara di lapangan banyak penderita yang tidak maumelaporkan dirinya.

    "Jumlah penderita yang tercatat itu sebenarnya akumulasi penderitalama. Yang timbul dipermukaan itu bisa saja sedikit, sementara dilapangan justru bergelimpangan jumlah penderita, terutama yang masukdalam klaster rumah tangga," ucapnya.

    Penderita di Sulsel, kata Nuhrahim, dihantui rasa malu untuk melaporbila ada indikasi terjangkit virus HIV. Padahal, bila dilaporkan lebihcepat, maka penderita bisa diberikan pertolongan.

    Dengan kondisi ini, ia mengharapkan pemerintah kabupaten/kotamenjadikan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS sebagai programprioritas.

    "Bila tidak, ini akan menjadi bom waktu yang tiba-tiba jumlahnya akan meledak dan merugikan," ujarnya. [source]

No comments:

Post a Comment