Monday, July 25, 2011

Semua Situs 'Download Musik Gratis' Akan Diblokir

    Situs-situs yang menyediakan musik bajakan mulai dibidik. Senin pekandepan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, operator-operatortelekomunikasi, serta penyedia jasa internet (ISP) akan membicarakanlangkah mereka dalam menerapkan pemblokiran terhadap situs-situsseperti itu.

    Direncanakan hadir dalam acara tersebut, tak kurang, 10 petinggioperator telekomunikasi Indonesia (Telkom, Telkomsel, Indosat, XLAxiata, BTel, Natrindo Telepon Selular, Hutchison CP Telecommunication,Smart Telecom, Mobile-8, dan Sampoerna Telekomunikasi) serta 16 bospenyedia jasa internet (ISP) terbesar di Indonesia dijadwalkan hadirdalam acara rapat bertajuk 'Stop Illegal Download' yang akan digelar diOps Room Gedung Kominfo, Senin Siang.

    Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo,Ashwin Sasongko, situs-situs penyedia konten unduhan musik bajakan ituakan diperlakukan sama dengan situs-situs pornografi atau situspenistaan agama.

    "Kita akan memblokir semua konten ilegalnya," kata Ashwin lewatsambungan telepon, Sabtu 23 Juli 2011. Namun, Ashwin menjelaskan,pemblokiran itu tidak boleh mengorbankan konten lain yang diijinkan.

    Lebih jauh, Ashwin menganalogikan hal ini dengan blog Kartun NabiMuhammad di layanan blog Wordpress. Menurut dia, yang perlu diblokiradalah blog spesifik yang menghina Nabi tersebut. Tapi tidak bolehmengorbankan blog-blog lain di Wordpress

    "Di Wordpress kan banyak blog-blog lain yang berisi konten positif,"kata Ashwin. Oleh karenanya, pada pertemuan Senin nanti, Ashwin jugaakan melihat 20 situs penyedia konten musik bajakan yang diusulkanuntuk ditutup. Bila pada salah satu situs itu ada sekitar 10 lagubajakan dari 900 lagu lain yang legal, maka kata Ashwin, situs itutidak akan diblokir begitu saja, melainkan link-link yang menuju kontenilegal itu.

    Pekan lalu, yayasan nirlaba yang berjuang untuk mengkampanyekan musiklegal, Heal Our Music, secara resmi memang meminta kepada MenkominfoTifatul Sembiring untuk menutup 20 situs web yang menyediakan unduhanmusik-musik ilegal atau musik bajakan yang tidak membayar hak cipta.

    Situs-situs itu adalah Gudanglagu.com, Gudanglagu.net, Mp3sgratis.net,Mp3lagu.com, Warungmp3.com, Pandumusica.info, Musik-corner.com,Mp3bos.com, Mp34shared.com, Musik-flazher.com, index-of-mp3.com,Misshacker.com, Trendmusik.com, Abmp3.com, katalogmp3.info,Mp3bear.com, Mp3downloadlagu.com, Freedownloadmp3.org, Dewamp3.com, danPlasamusic.com.

    Sementara itu, di sela-sela Rakornas Partai Demokrat Golkar di Sentul,penyanyi dan anggota DPR dari Partai Demokrat Theresia E E Pardede ataulebih dikenal dengan Tere, menyambut baik rencana koordinasioperator-operator dan ISP untuk memblokir musik bajakan.

    "Kalau memang telco provider dan ISP kompak memblokir situs illegaldownload, saya menyambut baik. Ini berarti komitmen pemerintahsebagaimana agenda prioritas nasional untuk mengembangkan Indonesiaberbasis ekonomi kreatif, telah sungguh-sungguh diimplementasikan,"ujar Tere melalui pesan singkatnya, Sabtu 23 Juli 2011.

    Selanjutnya Tere optimistis, bila pemberantasan pembajakan hak kekayaanintelektual (HKI) dilakukan secara komprehensif dan paralel dengansosialisasi penyadaran HKI di tengah masyarakat, industri kreatif bisamenggeliat dan sejajar dengan sektor-sektor lain.

    "Agar ke depan kita tak perlu lagi menjual minyak bumi, batubara, emas,sawit, dan sumber-sumber kekayaan alam kita lainnya," kata Tere. [source]

No comments:

Post a Comment